Tips Menjadi Blogger Travel Pemula

Menjadi blogger travel adalah impian banyak orang, terutama mereka yang memiliki hobi jalan-jalan. 

Berkunjung ke tempat indah, mencicipi makanan enak di dunia lalu membagikan kisah mereka ke semua orang baik melalui tulisan maupun video.

Dari sinilah muncul istilah Blogger dan Vlogger. Blogger adalah seseorang yang memiliki hobi menulis yang mereka bagikan di sebuah platform website seperti blogspot atau wordpress.

Tips Menjadi Travel Blogger Pemula
Tips Menjadi Travel Blogger Pemula

Sedangkan seorang Vlogger adalah seseorang yang memiliki hobi membuat sebuah video dari aktivitas sehari-hari yang mereka lakukan dengan tujuan untuk berbagi pengalaman.

Nah, bagaimana dengan Travel Blogger?

Saat ini Travel Blogger sepertinya sudah menjadi sebuah profesi seseorang, yang awalnya hobi jalan-jalan menghabiskan uang. Namun sekarang jalan-jalan malah banyak mendapatkan uang.

Membangun sebuah travel blog itu seperti membangun sebuah bisnis, memerlukan manajemen waktu, kesabaran, serta dedikasi.

Lalu apa saja Tips Belajar menjadi Travel blogger, berikut ulasannya:

1. Banyak Membaca Untuk Mencari Referensi

Banyak membaca berarti banyak hal yang kita ketahui, bacalah apa saja yang ingin anda ketahui untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan.

Dengarkan atau bacalah apa yang dikatakan oleh para ahli, lihatlah cara mereka bekerja, aplikasikanlah beberapa hal yang menurut Anda cocok. 

Semua ahli pasti beranjak dari ‘trial and eror’ atau mencoba dan gagal, tetapi mereka terus belajar.

Berikut ini contoh blog tentang traveling yang bisa anda jadikan referensi.

2. Buat Konten yang Bermanfaat

Setelah banyak membaca maka referensi yang kalian dapatkan akan sangat banyak, tentu hal ini akan memunculkan banyak ide untuk anda.

Sebagai seorang Blogger Travel, menulis narasi perjalanan di sebuah blog harus menarik dan bermanfaat. 

Biasanya, orang yang akan menjadi pengunjung blog adalah orang-orang yang sedang merencanakan perjalanan ke suatu kota atau suatu Negara, yang mungkin pernah disinggahi sebelumnya. 

Dengan begitu, mereka akan mencari informasi lewat blog Anda, jadi buatlah konten yang bermanfaat untuk mereka menemukan apa yang mereka butuhkan dalam hal perjalanan.

3. Melakukan Sesuatu yang Menarik

Mencoba hal baru adalah satu pilihan yang tepat, menarik dan unik bisa menjadi daya Tarik bagi pembaca blog anda. untuk menemukan informasi yang mereka inginkan, khususnya dalam perjalanan. 

Seorang Travel blogger yang berhasil menyajikan cerita perjalanan secara unik, seperti dia melakukan hal menarik saat melakukan perjalanannya, biasanya menjadi yang lebih difavoritkan oleh pembaca dibanding Blogger lainnya.

4. Memastikan Informasi yang Dibagikan Lengkap dan Tepat

Sebagai seorang Travel Blogger, tentu akan banyak me-review suatu tempat, makanan dan lain sebagainya yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang banyak.

Khususnya mereka yang sedang merencanakan perjalanan ke suatu tempat tersebut, maka sajikan informasi yang lengkap dan jelas tentang tempat tersebut dan hal lainnya yang diperlukan untuk melakukan perjalanan.

5. Berinventasi Pada Travel Blog Anda

Investasi pada travel blog yang anda miliki, setiap momen perjalanan yang anda lakukan abadikan. 

Baik berupa foto atau video, simpan setiap pengalaman yang anda alami lalu bagikan kepada pengunjung blog anda.

Saat ini banyak travel blogger yang membagikan pengalaman mereka dalam bentuk video dan membagikannya di platform YouTube dengan channel yang mereka buat.

Karena dari investasi tersebut dapat diubah menjadi uang dengan melakukan monetisasi konten yang anda buat.

6. Fokus Pada Travel Blog Anda

Saat ini persaingan travel blog sudah sangat ketat, mulai dari travel blog pribadi hingga travel blog yang dibuat oleh sebuah instansi.

Fokuskan tema blog anda dengan hal-hal yang membuat  anda terus bersemangat untuk melakukannya. 

Semisal eksplore kearifan lokal yang ada di kota kecil Anda, makanan khas di kota Anda. Tentu saja hal tersebut akan mengundang pengunjung setia di travel blog Anda.

7. Buat Produk yang Menjadi Identitas

Dari hobi menjadi bisnis, kenapa tidak? Karena bisnis pasti menjual sesuatu maka melakukan hal yang sama pada blog anda adalah pilihan yang tepat.

Menjual sebuah buku perjalanan, stiker, kaos atau sebuah tips travel yang banyak orang butuhkan.

Masih sedikit travel bloger yang menjual sebuah produk dari hobi yang mereka lakukan, kebanyakan dari mereka mendapatkan uang dari sponsor atau hasil monetisasi konten.

Dengan membuat sebuah produk, maka anda akan membuat sesuatu yang baru dalam sekali jalan dan menghasilkan uang ketika anda sedang menikmati liburan.

8. Gunakan Sosial Media

Perluas jaringan anda dengan sebuah akun social media, karena sebagian besar pengguna internet sangat aktif ber social media.

Manfaatkan Facebook Page atau Instagram bisnis untuk tempat berbagi perjalanan wisata anda.

Waktu terbaik untuk berpromosi di sosmed adalah sekitar pukul 07.00 pagi dan 17.00 Sore. Pada saat itu, sebagian besar orang memiliki banyak waktu luang dan aktif di depan layer smartphone.

9. Jangan Menyerah

Buatlah pemahaman dan pola pikir didalam otak anda, bahwa jangan mengharapkan sesuatu yang besar pada tahun pertama anda memulai bisnis ini.

Sesuatu yang besar akan datang setelah kerja keras. Selalu ada cahaya terang di ujung terowongan, karena banyak orang yang telah menyerah sebelum mereka menyelesaikannya.